Selamat Datang,  di KARAWANGsite ....Pusat Informasi Global.

 

 

Stock Beras Karawang Stabil


KARAWANG – Panja (panitia kerja) Komisi IV DPR, belum lama ini, berkunjung ke Kabupaten Karawang dan diterima Wakil Bupati Cellica Nurrachadiana di Gedung Singapperbangsa. Kunjungan tersebut sebagai upaya meningkatkan efektifitas pelaksanaan dan pendistribusian beras keluarga miskin (beras raskin) di Kabupaten Karawang.

Rombongan yang dipimpin Herman Khoiron berjumlah 14 orang membawa isu mengapa sebagai daerah sentra beras dan lumbung padi nasional, Kabupaten Karawang masih tercatat sebagai daerah penerima raskin dan berkurangnya jumlah rumah tangga sasaran (RTS) raskin terkait kondisi kemiskinan masyarakat.
Wakil Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana pada kesempatan itu menjelaskan, saat ini ketersediaan stok beras di Kabupaten Karawang relatif stabil. Hal ini tidak lepas dari Pemkab terhadap sektor pertanian. Peran komoditas beras sangat besar dalam program ketahanan pangan nasional, maka berbagai upaya perlu terus dilakukan untuk menjaga ketersediaan beras di wilayah Kabupaten Karawang.
Jumlah pagu raskin di Kabupaten Karawang tahun 2011 sebanyak 34.572.420 kg/tahun atau 2.881.035 kg/bulan, dengan alokasi raskin setiap RTS 15 kg/bulan dengan harga tebus di titik distribusi Rp 1.600/kg. Sedang jumlah RTS sebanyak 192.069 keluarga.
Pengelolaan program raskin mengacu pada prinsip transparansi, partisipasi, dan keberpihakan kepada rumah tangga sasaran penerima manfaat. Program raskin dilaksanakan mulai tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa/kelurahan dan titik distribusi dengan membentuk tim koordinasi program raskin

0 komentar: